Entri yang Diunggulkan

alasan mencintai

*Aku bisa jadi diriku sendiri kalau aku sama kamu *senang hanya berdua *Karena kamu bikin aku senang, senang, senang, senang yang ga pernah ...

Minggu, 24 April 2011

PERKEMBANGA ILMU PENGETAHUAN dan TEKNOLOGI TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA

PERKEMBANGA ILMU PENGETAHUAN dan TEKNOLOGI TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA

Makalah Disusun untuk Memenuhi Tugas Matakuliah Ilmu Alamiah Dasar
yang Dibina Ibu Dr. Hj. Bayyinatul Mucharromah, MSi



Oleh:
Nurul Lafifah (09330047)
Muthowwiq (09330055)
Adiib Zamroni (09330059)
Nur Hayati (09330066)






JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB
FAKULTAS HUMANIORA DAN BUDAYA
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Desember, 2009
BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Dalam kehidupan manusia dewasa ini tidak terlepas dari Ilmu Alamiah dan terapannya berupa teknologi dalam berbagai bidang. Misalnya, sejak dalam kandungan manusia mendapat perawatan secara medis melalui pemeriksaan secara berkala di BKIA (Badan Kesejahteraan Ibu dan Anak) atau Puskesmas. Setelah lahir, mendapat vaksinasi untuk memperoleh kekebalan terhadap berbagai macam penyakit, jika sakit mendapat pemeriksaan dokter dan memperoleh obat, dan sebagainya. Ilmu kedokteran dan ilmu farmasi (obat-obatan) merupakan cabang dari biologi sebagai ilmu terapan. Pakaian, jam tangan, pensil, atau pulpen yang kita pakaian adalah hasil dari teknologi. Ilmu Alamiah murni dan ilmu terapan (teknologi) mempunyai hubungan yang erat. Dari konsep atau prinsip ilmu murni dapat dikembangkan lmu terapan. Sebaliknya, teknologi atau ilmu terapan memberikan sumbangan penemuan-penemuannya kepada prinsip atau hukum-hukum baru, dan seterusnya.
Memang, pada mulanya antara Ilmu Alamiah dan teknologi itu tidak selalu mempunyai kaitan, misalnya dulu manusia membuat perahu untuk memenuhi kebutuhannya dan belum mengenal teknologi membuat perahu. Namun dalam zaman modern ini, untuk dapat membuat kapal, prang harus menguasai ilmu murni, hokum Archimedes, konstruksi baja, dan sebagainya agar kapal tidak tenggelam dan dapat mengarungi lautan
.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka dapat diambil rumusan masalah sebagai berikut:
1)   Apa peranan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap kehidupan manusia?
2)   Bagaimana perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kehidupan manusia?
3)   Apa dampak ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kehidupan manusia?
1.3 Tujuan
            Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka penulis memiliki tujuan penulisan sebagai berikut:
1)   Diharapkan agar mahasisiwa memahami peranan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap kehidupan manusia.
2)   Diharapkan agar mahasiswa dapat memahami perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kehidupan manusia.
3)   Diharapkan agar mahasiswa dapat memahami dampak ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kehidupan manusia.

















BAB II
PEMBAHASAN


2.1 Peranan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terhadap Kehidupan Manusia
A.  Materi dan Energi
1)   Materi
Seperti yang anda ketahui, sasaran Ilmu Pengetahuan alam adalah alam semesta alam dengan segala isinya. Ilmu fisika memandang kesemuanya itu sebagai materi dan energi. Yang dimaksud dengan materi atau zat dalam fisika adalah apa saja yang mempunyai massa dan menempati suatu ruangan. Contoh: meja, kursi, gunung, awan, usara (walaupun tak tampak). Materi dapat berwujud padat, cair atau gas.

2)   Energi
Adapun energi adalah sesuatu yang dapat memindahkan meteri dari suatu tempat ke tempat lain. Energi itu bentuknya bermacam-macam: energi dapat berbentuk panas, gerak, cahaya, tenaga kimia, tenaga atom, dan sebagainya. Disamping itu energi dapat berubah-ubah bentuk.
Energi listrik dapat pula berubah menjdi antara lain, energi cahaya, atau dapat pula kembali menjadi energi mekanik dan dapat pula berubah menjadi energi kimia. Contoh: aliran listrik dapatmemijarkan bola lampu listrik dan menghasilkan cahaya. Dari aliran listrik dapat pula diubah menjadi menjadi energi kimia, yaitu dengan cara mengalirkan aliran arus listrik searah ke dalam zat-zat kimia, misalnya pembuatan kalium klorat.

B.  Prinsip Pembangkit Listrik
            Listrik merupakan keperluan dalam kehidupan sehari-hari yang sangat vital pada zaman modern ini. Tanpa listrik, kita tidak dapat melihat televise, tidak ada rambu-rambu lalulintas yang baik, tidak ada lemari es, mesin cuci dan setrika listrik. Hampir semua alat keperluan rumah tangga pada zaman modern ini memerlukan listrik. Berikut ini adalah prinsip-prinsip pembangkit tenaga listrik yang perlu kita ketahui.
1)   Prinsip pembangkit listrik tenaga air
Dari sebuah danau atau bendungan, air dialirkan melalui suatu terowongan dengan alat pengontrol. Terowongan ini dibuat dengan sedemikian rupa sehingga air dijatuhkan dari ketinggian 100 m atau lebih dengan tujuan untuk mengubah energi potensial menjadi energi mekanik yang sebesar-besarnya. Ujung terowongan itu ditahan oleh satu turbin air. Dengan dorongan air,turbin itu dapat berputar. Perputaran turbin ini digunakan untuk memutar generator. Listrik yang dihasilkan oleh generator diubah atau diatur tekanannya oleh suatu trasformator. Dari trasformator, listrik dialirkan ke daerah-daerah yang memerlukan.

2)   Prinsip pembangkit listrik tenaga diesel
Pada hakikatnya prinsip pembangkit listrik tenaga disel, itu adalah sama dengan pembangkit listrik tenaga air , yaitu dengan cara menggerakkan generator pembangkit listrik. Bila kita telaah lebih lanjut, sebenarnya pembangkit listrik tenaga diesel ini bersumber dari energy kimia hasil pembakaran minyak diesel/solar. Jadi, hal ini merupakan suatu contoh perubahan bentuk energy adri energy kimia menjadi energy mekanik kemudian menjadi energy listrik.

3)   Prinsip pembangkit listrik tenaga nuklir
Tenaga nuklir pada hakikatnya adalah tenaga yang timbul pada pemecahan inti atom. Umumnya bagian yang pecah itu adalah atom yang mempunyai inti yang berat seperti halnya uranium tersebut di atas. Energy nuklir itu berasal dari tenaga yang mengikat inti atom. Tenaga yang keluar itu berupa panas. Dicairkan penyerap panas yang kemudian dialirkan ke dalamair sehingga air tersebut mendidih dan menguap. Uap air inilah yang diperlukan untuk menggerakkan turbin uap yang selanjutnya menggerakkan generator listrik.

C.  Mesin-mesin
            Seperti telah anda ketahui bahwa manusia sebagai mahluk hidup lebih unggul jika dibanding dengan mahluk hidup yang lain. Hal itu terjadi karena manusia mampu menciptakan dan menggunakan alat. Salah satu alat yang menakjubkan dan sangat membantu prikehidupan manusia adalah mesin-mesin. Berikut ini dikemukakan beberapa jenis mesin:
1)   Mesin bakar
Mesin ini terdiri dari silinder, piston, roda-roda penerus lengan, busi, katup bahan bakar,dan katup pembuang. Prinsip kerjanya adalah sebagai berikut:
(a)      Posisi satu: piston berada di bagian bawah silinder. Katup bahan bakar terbuka sementara bahan bakar yang terdiri dari bensin dan udara masuk ke dalam silinder
(b)     Posisi dua: roda penerus bergerak melalui lengan pendorong ke atas silinder. Katup bahan bakar tertutup sehingga bahan bakar bersama udara tertekan dan mengkibatkan temperatur naik.
(c)      Posisi tiga: menunjukkan keadaan posisi piston yang sedang berada di bawah selatan letupan.
(d)     Posisi empat: roda penerus meneruskan gerak putar mesin melalui lengan mendorong piston ke atas.

2)   Mesin diesel
     Hampir serupa dengan mesin bakar, mesin diesel terdiri dari silinder piston, lengan, roda penerus, katup bahan bakar, dan katup pembuang. Dalam mesin diesel tidak digunakan busi sebagai api pembakar.

3)   Mesin jet
Mesin jet terdiri dari sebuah tabung pembakaran yang tahan panas, sebuah mulut untuk memasukkan udara ke dalam tabung pembakar, sebuah kompresor untuk menyemprotkan bahan-bahan bakar ke dalam tabung pembakar, dan sebuah corong pembuang gas yang terletak di bagian ekornya. Mesin yang sangat sederhana ini ternyata sangat ampuh digunakan terutama dalam industri pesawat terbang yang bergerak cepat. Prinsip kerjanya pun sangat sederhana, yaitu bahan bakar dan udara diinjeksikan ke dalam tabung pembakar. Pada pembakaran tersebut gas disertai dengan temperatur yang tinggi. Pengembangan gas itulah yang mendorong pesawat.

D.  Komputer
            Apa yang dapat diperbuat oleh manusia dengan bantuan komputer:
1)   Telepon ensiklopedia
     Orang akan dapat memutar nomor telepon dan akan mendapatkan jawaban dengan tepat keterangan yang memadai tentang suatu topic sebagai layaknya dalam ensiklopedi, melalui telepon.

2)   Nasihat dokter melalui telepon
     Orang dapat memutar telepon untuk mendapatkan diagnosis pada tingkat pertama untuk kesehatannya.

3)   Berbelanja melalui telepon
     Orang akan dapat berbelanja melalui telepon terhadap barang-barang yang sudah distandardisasikan di supermarket. Tentu saja harus ada semacam katalog yang harus dipunyai ibu-ibu rumah tangga.

4)   Para ahli atau spesialis, misalnya ahli hukum, dokter, administrator dapat dengan mudah dan tepat mendapatkan data maupun informasi yang diperlukan karena komputer sanggup menyimpan banyak data dan informasi dan dengan sangat cepat dapat ditampilkan dalam waktu singkat.

5)   Sekarang ini telah dirintis pula penggunaan computer untuk ahli bahasa, yaitu menerjemahkan langsung suatu bahasa dalam bahasa lain dengan menggunakan analisis suara, dan lain sebagainya.

E.  Manfaat Nuklir untuk Kesejahteraan Manusia
            Sebelum membahas tentang manfaat nuklir sebaiknya kita tinjau dulu sifat-sifat umum dari sinar zat radioaktif, karena atas dasar sifat itulah manusia memanfaatkan nuklir.
1)   Sinar-sinar yang timbul dari suatu zat radioaktif, misalnya sinar gamma, dapat mengakibatkan kematian, hambatan pertumbuhan, perubahan sifat-sifat genetika dan lain-lain.
2)   Teknik nuklir untuk permuliaan padi dan tanaman lain
     Dengan menggunakan sifat sinar gamma yang mampu mengadakan mutasi gen dari biji-bijan,dapat dicari mutannya, yaitu variasi hasil mutan gen, yang menguntungkan bagi kehidupan manusia.

3)   Teknik nuklir untuk kesehatan
     Dalam kesehatan ,teknik nuklir umumnya digunakan untuk mengadakan diagnosis dari suatu penyakit dalam. Penggunaan cara-cara yang biasa misalnya dengan sinar-X seringkali tidak memberikan hasil yang begitu memuaskan dan mempunyai efek samping.

F.   Komunikasi
            Salah satu keperluan hidup manusia adalah berkomunikasi antara sesamanya. Untuk itu Ilmu Pengetahuan Alam dengan teknologinya, telah menyumbangkan kepada kita semua, seperti media cetak, telegrafi, telepon, radio, dan televisi.
            Pada tahun 1962, dunia dikejutkan oleh penemuan baru berupa siaran TV dan Radio melalui angkasa luar, atau tegasnya melalui satelit buatan. Dengan komunikasi melalui satelit ini maka hubungan antara manusia seluruh dunia menjadi makin mudah.

2.2 Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Bagi Kehidupan Manusia
A.  Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Penyediaan Pangan, Sandang, dan Papan
1)   Penyediaan Pangan
            Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam penyediaan pangan melahirkan pancausaha tani yang merupakan program pemerintah meliputi: varitas unggul merupakan pilihan utama dari biji yang pada penanaman diharapkan akan diperoleh buah yang unggul pula. Pupuk  merupakan bahan makanan pokok dari tanaman. Beberapa jenis pupuk misalnya: Urea, Z.A super fosfat, pupuk kandang, pupuk kompos, dan sebagainya.

2)   Penyediaan Sandang
            Teknologi material dari perkembangan berbagai macam polimer, seperti serat-serat sintetis yang digunakan sebagai bahan pakaian, serta tetoron, dakron, polyester, tetrek, dan sebagainya yang terdapat di setiap took pakaian, lebih kuat dari pada bahan pakaian yang dibuat dari serat alam seperti kapas, sutera, dan sebagainya. Hal ini karena serat-serat sintetis dengan suatu katalisa yang cocok mempunyai sifat mekanik yang tinggi dan dapat diatur.
3)   Penyediaan Papan
            Salah satu kebutuhan manusia adalah pemukiman, untuk mengurangi kepadatan penduduk, kemajuan ilmu pengetahuan alam dan teknologi telah berhasil membuka lahan untuk pemukiman. Pemukiman-pemukiman baru ini telah dipelajari agar sesuai dengan lingkungan hidupnya.

B.  Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Peningkatan Kesehatan
            Cangkok mata, cangkok jantung serta penggunaan radioaktif yang menunjukkan tempat-tempat sakit sudah diketahui tempatnya. Dewasa ini pada bidang teknik kedokteran sedang dilakukan perancangan orang buatan, yakni alat buatan manusia yang dapat ditanam di dalam tubuh untuk menggantikan bagian-bagian sisitem yang tak dapat bekerja lagi dengan baik, terutama bagian organ manusia yang paling fital ialah jantung.

C.  Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Penyediaan Energi
            Energy adalah kemampuan untuk melakukan kerja. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi, proses pengilangan minyak bumi dan pengambilan biji menjadi lebih efisien, sehingga produksinya meningkat

D.  Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Perkembangan Industri
            Perkembangan industry, sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi dengan ditemukannya transistor timbullah revolusi industry kedua, yakni zaman kendali otomatis. Kini mesin tidak lagi dijalankan oleh manusia, melainkan oleh mesin lainnya.
2.3 Dampak Ilmu Alamiah dan Teknologi
A.  Dampak Ilmu Alamiah dan Teknologi Terhadap Kebutuhan Pokok
1)   Sandang (pakaian)
Ilmu Pengetahuan Alam dan teknologi telah banyak sumbangannya dalam bidang sadang; andai kata tidak, maka barangkali kita masih hidup pada masa purba dimana pada saat itu belum ada pakaian deperti apa yang ada pada saat ini, pada saat itu manisia masih menggunakan kulit kayu atau dain-daunan sebagai penutup tubuh mereka. Kini teknologi telah menolong manisia dalam pengadaan sandang berupa mesin-mesin teksil. Bila pada abad lalu mesin-mesin tersebut dapat mempercepat proses penbuatan tekstil yang umumnya nasih terbuat dari kapas, maka pada abad sekarang ini IPA dan teknologi telah mampu nenyumbangkan pada manusia serat-serat sintesis baik yang terbuat dari pokok-pokok kayu yang diproses secara kimiawi menjadi benang maupun dari bahan galian misalnya hasil samping sulingan batu baru dan minyak bumi mtnjadi serat-serat sintesis seperti polister, polipropilen, polietelin, dan sebagainya. Dengan ilnu teknologi manusia dapat mengerjakan senua itu dengan singkat dan hasil tang besar.
Sehubungan dengan polimer sintesis yaitu bahwa bahan-bahan polimer sintesis atau yang biasa lita sebut “plastic” selain berdampak positif juga terdapat dampak negatifnya. Keuntungannya sudah jelas dapat memproduksi serat tekstil untuk sandang, bahkan hampir semua alat-alat runah tangga tidak luput dari penggunaan plastic sebagai bahan dasarnya. Yang menjadi masalah sekarang ialah bahwa sampah-sampah plastic itu tidak dapat dihancurkan oleh bakteri pengurai. Untuk mengatasi masalah ini perlu diciptakan cabang dari IPA dan teknologi yang lebih maju, misalnya dengan menciptakan jenis polimer yang dapat dihancurkan oleh bakteri pembusuk. Cara lain yaitu dengan memusnahkan sampah plastik itu dengan membakarnya atau mengolahnaya kembali.
2)   Pangan (makanan)
Ilmu pengetahuan alam dan teknologi juga telah banyak membantu manusia dalam bidang pangan, misalnya untuk memperoleh bibit unggul yng banyak produksinya dalam jangka waktu yang relative singkat melalui nuklir. Contoh lain dalam penggunaan mekanisasi pertanian dimana orang memungut hasil produksi yang lebih besar dengan menggunakan tenaga manusia yang relative lebih sedikit Sumbangan Ilmu pengetahuan alam dan teknologi telah banyak dimanfaatkan orang di bidang pangan misalnya dengan cara pemupukan yang tepat dan penggunaan bakteri yang sanggup menunjang akar-akar tanaman untuk mengambil zat hara dengan lebih baik sehingga produksi bertambah lebih banyak.
Dampak negative dari ilmu pengetahuan alam dan teknologi juga ada, misalnya pemakaian racun pemberanats hama tanaman teryata tidak hanya memberantas hama, tetapi juga memberantas hewan-hewan ternak, meracuni hasil panen bahkan meracuni manusia itu sendiri. oleh karena itu kesadaran dan tanggung jawab manusia itu sendiri juga perlu ditingkatkan demi kepentingan bersama dan generasi yang akan datang, dan dari sinilah pentingnya menghayati ilmu lingkungan.
3)   Papan (tempat tinggal)
Kalau kita perhatikan seekor burung camar pandai membuat sarang yang begitu indah namun setelah berabad-abad lamanya tidak nampak adanya evolusi sedikitpun. Burung camar tersebut membuat sarangnya secara naluriah. Berbeda dengan manusia yang telah dianugrahi oleh tuhan berupa akal dan budi pekerti. Dan dengan akal inilah manusia dapat menyempurnakan tempat tinggal mereka yang aslanya masih berupa gua-gua alami atau pohon-pohon kemudian berkembang lagi menjadi rumah diatas tiang-tiang penyangga, dan pada saat ini manusia dapat menyempurnakan tempat tingggalnya lagi berupa bangunan-bangunan yang menjulang tinggi bahkan untuk mencapai puncaknya orang tidak perlu lagi melewati tngga-tangga langkah demi langkah, tetapi cukup dengan menekan tombol dalam beberapa detik kemudian sampai ke lantai 99 dan seterusnya. itu semua menunjukkan damapak positif dari ilmu pengetahuan alam dan teknologi.
Namun teknologi mempunyai kelemahan. Contohnya dengan alat-alat modern orang-orang begitu mudahnya menebang hutan untuk perabot lainnya sehingga menimbulkan akibat dari penebangan hutan yang tidak sesuai dengan kaidah ilmu lingkungan. Pohon-pohon yang masih mudah yang seharusnya di rawat dan dilestarikan itupun ikut mati sehingga menimbulkan akibat rantai mula dari erosi,sungai yang dangkal, sumber air yang makin menipis, merosotnya kesuburan tanah, banjir dan akhirnya itu semua menjadikan kesengsaraan manusia itu sendiri. Ini merupakan suatu hal yang telah terasa dibeberapa bagian pulau ini.

B.  Dampak Ilmu Alamiah dan Teknologi Terhadap Sumber Daya Alam
1)   Minyak Bumi
Minyak bumi merupakan sumber daya alam yang paling utama dalam kebutuhan energi dunia. Hal ini dapat kita saksikan bahwa sebagian besar dari macam-macam mesin, misalnya mesin dalam berbagai pabrik, mobil, sepeda motor, truck, bus, kereta api, pesawat, kapal laut. semua itu menggunakan bahan bakar minyak bumi. Seperti yang kita ketahui minyak bumi adalah bahan yang tidak dapat diperbaharui sekali pakai langsung habis. Pada suatu saat, minyal bumi akan habis. Demi melestarikan kehidupan, kita harus mencari penggantinya dengan menggunakan ilmu alam dan teknologi agar semua itu tidak terjadi.
2)   Hewan dan Ternak
Ilmu pengertahuan alam dan teknologi telah banyak membantu manusia dibidang ini, berbagai macam ternak pada saat ini telah banyak memanfaatkan danpak dari ilmu pengetehuan alam dan teknologi seperti obat-obatan yang dinerikan pada hr\ewan ternak kebanyakan merupakan hasil karya ilmu pengetahuan alam dan teknologi, juga dalam segi perawatan lingkungan, telah banyak racun-racun untuk memusnahkan kunab-kuman yang menimbulkan berbagai penyakit. Sisamping dampak positif juga terdapat dampak negatifnya, misalnya dari penyemprotan disekitar hewan ternak banyak tumbuh-tumbuhan yang seharusnya dilestarikan mati akibat tidak tahan dari kerasnya racun tersebut, bahkan orang yang berada disekitar hewan ternak ikut terkena dampak negative dari ilmi pengetahuan alam dan teknologi.
3)    Hutan
Hutan merupakan sumberdaya alam yang dapat di perbarui, tetapi teknologi dapat mengakibatkan sumber daya alam tidak berdaya atau tidak dapat di perbaharui, misalnya pembabatan hutan yang tidak mengikuti kaidah ilmu alamiah, menyebabkan tumbuhan yang masih muda mati dan tidak dapat tumbuh lagi.
4)   Tanah
Sebenarnya tanah merupakan sumber daya yang dapat diperbaharui, artinya tanah itu dapat dimanfaatkan berulang-ulang bila dipelihara baik-baik. Namun, seperti halnya sumber daya alam yang dapat diperbaharui, bila pemakainnya melampaui batas juga dapat rusak, artinya tidak dapat dipergunakan sebagai lahan  pertanian.

C.  Dampak Ilmu Alamiah dan Teknokogi Terhadap Industri  
Manusia membutuhkan berbagai macam barang untuk memenuhi kebutuhannya. Pada mulanya, barang-barang itu dibuat secara sederhana. Kemudian, dengan kemampuan berpikir manusia dapat menciptakan mesin-mesin untuk membuat barang-barang itu lebih banyak dan lebih cepat. Mesin-mesin hasil ilmu alamiah dan teknologi itu banyak ,Bantu manusia dalam memperoleh barang kebutuhannya.
Disamping ada keuntungannya selalu ada kerugiannya. Maka, bila manusia tidak berhati-hati dalam msnggunakan mesin-mesin industri akan muncul dampak-dampak negatif.

D.  Dampak Ilmu Alamiah dan Teknologi Terhadap Transportasi dan Komunikasi
1)   Transportasi
Ilmu alamiah dan teknologi banyak sekali memberikan sumbangan dalam bidang transportasi, misalnya mobil, kereta api, kapal laut, pesawat terbang, dan lain sebagainya. Dengan kendaraan-kendaraan tersebut kita dapat mengunjungi tempat yang jauh dengan hanya memerlukan waktu yang singkat.
2)   Komunikasi
Sebagai mana yang telah kita ketahui, ilmu alamiah dan teknologi  telah memberikan sumbangan yang sangat besar pada komunikasi. Pada saat ini dengan mudah kita dapat berbicara jarak jauh dengan menggunakan telepon. Di Negara-negara yang maju, pembicaraan telepon disertai gambar orang yang diajak bicara, seakan-akan dua orang itu berbicara dengan bertatap muka.    





BAB III
PENUTUP


3.1 Simpulan
            Setelah kita mengetahui peranan dan dampak ilmu alamiah dan teknologinya terhadap kehidupan manusia dan sumber daya alam, maka diperlukan penilaian kembali pemanfaatan ilmu alamiah dan teknologi. Penilaian kembali itu terutama terhadap semakin menipisnya sumber daya alam unrenewable atau komvensional dan dampak negative pemanfaatan ilmu alamiah dan teknologi.
            Sehubungan dengan menipisnya sumber daya alam konvensional itu, perlu diadakan usaha-usaha mencari sumber daya alam baru atau memanfaatkan sumber daya alam renewable  atau nonkonvensional secara maksimal, sedangkan usaha mengatasi dampak negatifnya adalah erat sekali hubungannya dengan keseimbangan alam, baik dalam arti pengurangan polusi dan jumlah mahluk di bumi ini, terutama jumlah manusia, atau dengan kata lain adalah masalah kependudukan. Makin baik pelayanan kesehatan dan kualitas nutrisi manusia, maka semakin panjang umurnya dan jika lahir banyak, maka jumlah penduduk semakin besar. Karena itu, berkembang biaknya manusia perlu dibatasi. Secara singkat manusia harus berusaha untuk melestarikan eksisitensinya dengan bermacam-macam jalan.

3.2 Saran
            Dari pemaparan makalah di atas, setelah mengetahui peranan dan dampak ilmu alamiah dan teknologi kami menyarankan kepada para pambaca agar dalam menggunakan teknologi dapat menggunakannya dengan baik dan sesuai aturan agar kehidupan menjadi teratur dan karena ilmu pengetahuan semakin lama terus berkembang maka diharapkan kemajuan teknologi juga harus ditingkatkan.





DAFTAR PUSTAKA

Aly, Drs. Abdullah dan Ir. Eny Rahma. 2006. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Jasin, Drs. Maskoeri.2008. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: PT RajaDrfindo Persada


Ma’ud, Drs. Ibnu dan Drs. Joko Paryono. 2008. IAD Ilmu Alamiah Dasar. Bandung: CV Pustaka Setia