Entri yang Diunggulkan
alasan mencintai
*Aku bisa jadi diriku sendiri kalau aku sama kamu *senang hanya berdua *Karena kamu bikin aku senang, senang, senang, senang yang ga pernah ...
Senin, 16 April 2012
PEMANFAATAN KOMPUTER DALAM PENDIDIKAN
PEMANFAATAN KOMPUTER DALAM PENDIDIKAN
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT. tuhan semesta alam. Shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Rosulullah SAW. Penulis bersyukur kepada ilahi Rabbi atas rahmat dan hidayahNya sehingga saya bisa menyelesaikan makalah tentang “ Pemanfaatan Komputer Dalam Pendidikan “ untuk memenuhi tugas mata kuliah Aplikasi Komputer.
Dengan adanya makalah ini diharapkan agar mahasiswa dapat lebih memahami secara mendalam tentang hal-hal yang berkaitan dengan materi yang dikaji dalam pemanfaatan computer dalam pendidikan.
Saya selaku penilis menyadari bahwa dalam buku ini masih terdapat kekurangan dan kekhilafan. Oleh karena itu, kepada pembaca dan para pakar, penulis mangharapkan saran dan kritik konstruktif demi kesempurnaan makalah ini.
Malang, februarai 2011
Penulis,
DAFTAR ISI
Kata pengantar…………………………………………………………………………………………………..
Daftar isi……………………………………………………………………………………………………………
BAB I PENDAHULUAN......................................................................................................
1.1 Latar Belakang…………………………………………………………………………………
1.2 Rumusan Masalah……………………………………………………………………………
1.3 Tujuan……………………………………………………………………………………………..
BAB II PEMBAHASAN..........................................................................................................
2.1 Apakah pengertian komputer dalam pendidikan………………………………
2.2 Apa saja manfaat komputer dalam pendidikan………………………………….
2.3 Apa saja perkembangan komputer dalam pendidikan………………………
2.4 Bagaimana sejarah komputer dalam pedidikan…………………………………
BAB III PENUTUP………………………………………………………………………………
3.1 Simpulan ………………………………………………………………………………………….
3.2 Saran………………………………………………………………………………………………..
Daftar pustaka…………………………………………………………………………………..
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Informatika-komputer adalah salah satu bidang ilmu baru, yang mengalami perkembangan yang sangat cepat. Bidang infomatika-komputer muncul dan berkembang sebagai hasil perpaduan ilmu matimatika dan teknik. Ilmu matimatika memberikan dasar metode analisa, sedangkan ilmu teknik memberikan dasar pada metode desain pada bidang informatika. Hingga saat ini difinisi untuk kata informatika masih terus mengalami perkembangan.
Berdasarkan fakta tersebut saya selaku penyusun makalah ini memaparkan dan menjabarkan arti dari “pemanfaatan komputer dalam pendidikan “ yang sangat penting bagi masyarakat.
1.2 RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang dapat dirumuskan beberapa pertanyaan sebagai berikut:
1. Apakah yang dimaksud dengan komputer dalam pendidikan?
2. Apa saja manfaat komputer dalam pendidikan?
3. Apa saja perkembangan komputer dalam pendidikan?
4. Bagaimana sejarah computer dalam pendidikan?
1.3 TUJUAN
Berdasarkan rumusan di atas dapat dirumuskan beberapa tujuan sebagai berikut:
1. Untuk meningkatkan generasi bangsa yang cerdas.
2. Untuk mengetahui perkembangan komputer di Indonesia.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN KOMPUTER DALAM PENDIDIKAN
2.1.1 Istilah komputer berasal dari kata kompute, yang berati menghitungan. Artinya setiap proses yang dilakukan oleh komputer merupakan proses matematika hitungan. Jadi apapun yang dilakukan komputer, baik penampakan pada layar monitor, suara, gambar dll. Diolah sedemikian rupa dari perhitungan secara elktronik.
Komputer adalah hasil dari kemajuan elektronika dan informatika yang berfungsi sebagai alat bantu untuk menulis, menggambar, menyunting gambar atau foto, membuat aminasi mengoprasikan program analisis ilmiah, simulasi dan untuk control peralatan.
2.1.2 Berdasarkan data yang diolahnya, computer terdiri dari :
1. komputer analog
2. komputer digital
3. komputer hybrid
2.1.3 Berdasarkan penggunaanya, computer terdiri dari :
1. special purpose computer
2. general purpose computer
2.1.4 berdasarkan skala kemampuannya, computer teridiri dari :
1. small scale computer
2. medium scale computer
3. large scale computer
2.1.5 klasifikasi computer trbagi manjadi 6 bagian :
1. microcontroller
2. microcomputer
3. engineering workstation
4. minicomputer
5. main frame
6. supercomputer
2.2 MANFAAT KOMPUTER DALAM PENDIDIKAN
Manfaat Komputer di Bidang Pendidikan banyak sekali diantaranya :
1. Sebagai alat presentasi – dengan bantuan sebuah proyektor kini komputer jinjing dapat digunakan sebagai alat untuk mempresentasikan sebuah ide ataupun gagasan, biasanya banyak digunakan dalam rapat pembangunan dan juga mahasiswa yang mempresentasikan hasil penelitian mereka.
2. Sebagai pengganti mesin ketik – Sekitar tahun delapan puluhan sampai dengan tahun sembilan puluhan mesin ketik masih menjadi andalan dalam menulis laporan ataupun menulis buku , namun disekitar akhir tahun sembilan puluhan kini posisinya digantikan dengan komputer yang dikenal lebih simple dan lebih efektif.
3. Sebagai alat hitung – Di dalam komputer tentunya akan sangat mudah dalam menghitung angka angka , banyak sekali angkuntan yang menggunakan ms . excel dalam menghitung baik jumlah , rata rata dan juga pembagian.
4. Sebagai media komunikasi dengan masyarakat luas – tahukah anda bahwa internet adalah satuan dari kumpulan seluruh komputer di dunia yang saling terhubung antara satu dengan yang lain, banyak yang digunakan sebagai server , dan sat ini server terbaik masih di pegang oleh pihak google yang juga website nomor satu di dunia dengan fasilitas mesin pencarinya, setelah media yang bermanfaat terupload di server baik itu dalam bentuk pdf ,html dan juga doc . dapat dia akses oleh semua orang di dunia selama server tetap menyala tentunya , saat server mengalami down ataupun maintenance maka semua halaman yang kita upload tidak dapat di unduh ataupun di baca.
2.3 PERKEMBANGAN KOMPUTER DALAM PENDIDIKAN
Perkembangan komputer dari masa ke masa salalu mengalami peningkatan. Pada awalnya komputer bukanlah alat yang diciptakan untuk berbagai kegunaan seperti yang kita amati pada zaman sekarang. Dulu komputer diciptakan hanya sebagai alat untuk mempermudah dalam penghitungan atau lebih mudahnya sebagai mesin hitung matematika. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman komputer ini terus berevolusi menjadi mesin serba guna khususnya pada bidang industri dan penelitian.
Oleh karena itu, kata dasar komputer berasal dari kata “compute” yang berarti menghitung dengan kata lain komputer berati alat penghitung. Komputer pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage, kecerdasannya logika matematikanya yang sangat sepesial membuatnya mampu menciptakan sebuah mesin yang dia sebut dengan nama Analytical Engine pada tahun 1882, sebuah mesin yang berfungsi sebagai alat perhitungan-perhitungan umum.
Beberapa tahun kemudian munculah John V. Atanasoff dengan komputer rancangannya Atanasoff-Berry Computer (ABC) pada tahun 1937 yang kemudian dianggap resmi menjadi komputer elektronik pertama. selang beberapa tahun kemudian munculah ENIAC ( Electronic Numerical Integrator and Computer) yang di perkenalkan oleh John Mauchly dan J. Presper Eckert. Sebuah mesin yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum(vacum tube), 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.
2.4 SEJARAH KOMPUTER DALAM PENDIDIKAN
Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika yaitu mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertenu. Masalah tersebut kemudain berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukanperhitungan persamaan differensial. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis.
BAB III
PENUTUP
3.1 SIMPULAN
Jadi pemanfaatan komputer dalam pendidikan dapat meningkatkan generasi bangsa yang cerdas dan mengetahui bagaimana cara menggunakan computer dengan baik dan positif.
3.2 SARAN
Dengan adanya pemanfaatan computer dalam pendidikan maka diharapkan kepada pembaca agar dapat memanfaatkannya dengan sebaik mungkin dalam kehidupan sehari-hari. Dan mempergunakannya dengan hal yang baik pula.
DAFTAR PUSTAKA
Aho , A., j.Hopcroft; j. Ulman, 1988, data Structure and algorithms, Adison Wesley
Behforooz, Ali; Holoien, Martin O., 1986, Problame Solving and Structure Programming Whit PASCAL, Brooks/Cole Publishing Co., A Davision of Wadworth Inc., California
Brand, Kolman W., 1968, Problame Solving with PASCAL, Kent Publishing Co., A Devisionof wadworth Inc., USA
Brassard, Gilles, and Bratley, Paul, 1996, Fundamentalsfo algorithmics, Prentice Hall, Englewood Cliffs, New Jersey
Brey, Barry, 1997 , Intel Microprocessors, Prentice Hall International, USA
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar